Aupair itu apa ya?

Menjadi Aupair mempunyai peluang bekerja dan tinggal dengan keluarga asing (host family) sambil mendapatkan uang saku bulanan (jumlahnya berbeda-beda tergantung pada tiap negara), selain itu kita punya kesempatan mengunjungi sekolah bahasa negara setempat, mempelajari budaya dan daerah host family tsb, dan juga banyak Aupair Indonesia yang melanjutkan kuliah di negara asing tsb, melanjutkan aupair lagi di negara lainnya, melanjutkan ijin tinggal dengan cara memperpanjang sekolah bahasanya atau menikah dengan orang setempat setelah masa kerja aupairnya selesai .
Kata "Aupair" berasal dari bahasa Perancis (au pair) artinya balas jasa. Tugas khas Aupair contohnya adalah memasak/menyiapkan makanan untuk sekeluarga, mengantar dan menjemput anak dari/ke TK, playgroup, sekolah, tempat hobby, atau kunjungan teman, menyuci dan menggosok pakaian anak, membantu menyelesaikan PR, memandikan, mengganti dan memakaikan baju, membacakan cerita.
Untuk mendapatkan host family sesuai dengan negara yang ingin dituju bisa dicari dengan cara mendaftarkan diri pada agen-agen aupair di internet.

Aupair di Jerman:

Umur: 18 - 24 tahun. Lama ijin tinggal: 1 Tahun.
Harus mempunyai Goethe-Zertifikat A1 untuk pengusulan visa AuPair.
Uang saku per bulan minimal 260 .
Cuti yg dibayar selama 4 minggu dalam masa kerja setahun.
Jam kerja maksimal 30 jam per minggu termasuk babysitting -malam hari hanya diperbolehkan sekali saja dalam seminggu-.
Kesempatan mengikuti Deutsch-Sprachkurs di waktu libur (sebelum atau sesudah jam kerja).

Persyaratan dan ketentuan Aupair di USA:
Umur: 18 - 26 tahun.
Mempun surat keterangan polisi.
Mempunyai surat ijin mengemudi.
Jam kerja maksimal 45 jam per minggu. yg pastinya 10 jam per hari.
1,5 hari libur dalam seminggu, minimal satu akhir pekan dalam sebulan (dari jumat malam sampai senin pagi).
Dua minggu cuti yg dibayar / empat hari untuk summer aupair.
Uang saku sebanyak $ 195,75 per minggu / $ 225 untuk aupair yang berpendidikan dibidangnya.
Wajib mengikuti pendidikan lanjutan di folk high school atau college -enam kredit- ditambah tunjangan dari host family sebesar $ 500/tahun.
Tugas-tugasnya yaitu mengurus anak terikat dengan pekerjaan berikut: menyediakan makanan, membereskan permainannya, mencuci pakaian anak, mengantarkan dan menjemput ke/dari aktivitas hobby.
Tugas Aupair bukan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga (masak, bersih-bersih, mencucikan pakaian host parents) melainkan untuk mengerjakan tugas yang berhubungan dengan anak host family.

Batas umur program aupair:

Afrika Selatan 18-24, Australia 18-30, Austria 18-28, Belanda 18-25, Belgia 18-26, Britania Raya 17-27, China 18-29, Denmark 17-29, Finnlandia 17-30, Irlandia 18-27, Italia 18-30, Jerman 18-24, Norwegia 18-30, Perancis 18-28,  Selandia Baru 18-30,   Swedia 18-30, Swiss 18-30, Spanyol 18-27,  Turki 18-31.
Persyaratan dan ketentuan aupair berbeda-beda tergantung pada tiap negara tersebut, sebaiknya menghubungi langsung (lewat internet) agen perantara aupair.

 

 

Home